Ratusan Warga Indonesia di Pretoria Berpartisipasi dalam Pemilu 2024

Pencoblosan secara langsung di TPSLN Pretoria, bertempat di wisma KBRI Petroria berlangsung Sabtu, 10 Februari 2024 pukul 08.00-18.00.

Ratusan warga Indonesia ini hadir guna menggunakan hak suaranya memilih Presiden dan Wakil Presiden serta anggota DPR RI dari Daerah Pemilihan DKI II. Jumlah pemilih yang hadir pada Tempat Pemungutan Suara Luar Negeri (TPSLN) Pretoria sebanyak 159 pemilih.

Jumlah tersebut termasuk Duta Besar RI Pretoria, Bapak Saud Purwanto Krisnawan beserta Ibu Dyah P. Krisnawan serta jajaran staf di KBRI Pretoria.

PPLN Pretoria membawahi sejumlah wilayah pemungutan suara pada 5 provinsi di Afrika Selatan, masing-masing Gauteng, Kwa-Zulu Natal, Limpopo, Mpumalanga, dan North West. Selain Afrika Selatan, PPLN Pretoria juga membawahi 3 negara lain yakni Botswana, Eswatini, dan Lesotho.

Selain di TPS 001, Pretoria, Kelompok Panitia Pemungutan Suara Luar Negeri (KPPSLN) Pretoria juga telah melangsungkan pemungutan suara metode Kotak Suara Keliling (KSK) pada 4 Februari 2024, yaitu KSK 001 (Darul Uloom New Castle) sebanyak 21 pemilih dan KSK 002 (Lesotho) sebanyak 8 pemilih.

Pemilih lainnya dilayani dengan menggunakan metode pos sebanyak 36 surat suara.

Disemarakkan dengan bazaar makanan Indonesia oleh WNI, rangkaian kegiatan pemungutan suara berjalan dengan lancar dan damai. Sesuai ketentuan Komisi Pemilihan Umum (KPU) Pusat, PPLN Pretoria akan melangsungkan Penghitungan Suara TPSLN dan KSK pada 14 Februari 2024 setelah pemungutan suara di dalam negeri selesai.

Sementara itu, penghitungan suara metode pos dan rekapitulasi suara lengkap akan dilangsungkan pada 15 Februari 2024.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *