Nigeria Ingin Meningkatkan Kerja Sama dengan Indonesia khususnya bidang Pendidikan

Pada pertemuan, Muhammad Lawal Maidoki Executive Chairman dari SOZECOM, Sokoto, Nigeria menyampaikan rencana pengiriman pelajar/ mahasiswa dari Negara Bagian Sokoto yang berprestasi untuk melanjutkan pendidikannya di Indonesia khususnya di UNIDA.

Duta Besar RI Abuja, Dr. Usra Hendra Harahap, M.Si, menerima kunjungan Mr. Muhammad Lawal Maidoki, Executive Chairman dari SOZECOM, Sokoto, Nigeria. Pertemuan membahas bebarapa hal, antara lain tentang:

a. Rencana proyek kerjasama teknis antara Balai Besar Inseminasi Buatan (BBIB), Singosari, Malang dengan Negara Bagian Sokoto terkait dengan pengembangan ternak;

BBIB telah mengirimkan proposal proyek kerjasama peningkatan/ pengembangan inseminasi buatan untuk ternak sapi ke Nigeria khususnya ke Negara Bagian Sokoto. Negara Bagian Sokoto telah menerima dan menyetujui proposal yang diajukan BBIB, Malang.

Direncanakan Mr. Lawai Maidoki dalam waktu dekat akan singgah ke Malang untuk menindak lanjuti kerjasama proyek tersebut di sela-sela kunjungannya ke Universitas Darussalam (UNIDA), Gontor pada minggu ketiga Maret 2020 dalam rangka penerapan kerjasama pengiriman pelajar/ mahasiswa dari Negara Bagian Sokoto untuk belajar di UNIDA.

b. Rencana pengiriman beberapa pelajar/ mahasiswa dari Negara Bagian Sokoto ke Indonesia;

Pada pertemuan, Executive Chairman menyampaikan rencana pengiriman pelajar/ mahasiswa dari Negara Bagian Sokoto yang berprestasi untuk melanjutkan pendidikannya di Indonesia khususnya di UNIDA.

Proses penandatanganan Memorandum of Understandingantara UNIDA dengan SOZECOM Sokoto, sedang dalam tahap pembahasan finalisasi. Adapun pelajar dan mahasiswa yang akan dikirimkan dari Negara Bagian Sokoto, Nigeria ke Indonesia adalah berjumlah sekitar 50 orang, yang terdiri dari pelajar tingkat SLTA yang kemudian melanjutkan ke tingkat Sarjana, pengiriman mahasiswa ke jenjang Sarjana, ke jenjang tingkat Master hingga tingkat Doktoral.

Alasan pengiriman para pelajar/ mahasiswa dari Sokoto ke Indonesia adalah bahwa sistem pendidikan dan pembelajaran islami di Indonesia dari Ponpes Gontor dianggap paling baik, sehingga diharapkan para mahasiwa Nigeria yang belajar dari Indonesia dapat menimba ilmu pengetahuan yang didapatnya untuk kemudian di ajarkan ke Nigeria.

Pengiriman pelajar/ mahasiswa dari Negara Bagian Sokoto, Nigeria akan dilakukan dengan sangat selektif mungkin oleh SOZECOM dari 68 kota di seluruh penjuru Sokoto. Sekiranya MOU kerjasama pendidikan antara UNIDA dengan SOZECOM telah ditandatangani kedua belah pihak, direncanakan pengiriman pelajar/ mahasiswa akan dilakukan paling cepat mulai pada pertengahan tahun 2020.

c. Sharing knowledge tentang pengelolaan zakat dan wakf di Indonesia;

Pada kunjungan Mr. Aminu Waziri Tambuwal, Gubernur Sokoto ke Indonesia pada bulan Juli 2019, Gubernur sangat terkesan terhadap kemajuan dan pengembangan kota-kota di Indonesia seperti Jakarta, Bogor, Malang dan Surabaya. Selama di Indonesia, Gubernur telah berkunjung ke Pondok Pesantren (Ponpes) Darunnajah, Jakarta, Ponpes Nurul Iman, Bogor, Muhammadiyah, melihat Taman Mini Indonesia Indah (TMII), kunjungan ke Komite Nasional Keuangan Syariah (KNKS), melakukan kunjungan ke BBIB Malang dan ke Universitas Darussalam Gontor, Jawa Timur.

Selain itu, Gubernur Sokoto juga berkunjung ke kantor BAZNAS dan Rumah Zakat. Gubernur dan pejabat yang mendampingi sangat terkesan dengan sistem pengelolaan zakat dan wakf di Indonesia. Pada kesempatan kunjungan tersebut, telah dilakukan penandatanganan Memorandum of Understanding(MOU) antara BAZNAS RI dengan SOZECOM, Sokoto tentang Manajemen Zakat pada bulan Juli 2019 dan penandatanganan MOU antara Universitas Darussalam (UNIDA) Gontor dengan SOZECOM, Sokoto tentang kerja sama di bidang pendidikan pada tanggal 28 Juli 2019.

d. Rencana kunjungan Sultan Sokoto ke Indonesia.

Lebih lanjut Executive Chairman menyampaikan keinginan Mr. Muhammadu Sa’ad Abu bakar IV, Sultan Sokoto untuk berkunjung ke Indonesia pada tahun 2020 ini untuk mengadakan peluang kerjasama antara Negara Bagian Sokoto dengan Indonesia. Diharapkan kunjungan Sultan Sokoto di Indonesia dapat difasilitasi untuk mengadakan pertemuan dengan Gubernur DKI Jakarta, Sultan Yogyakarta, kunjungan ke Ponpes Nurul Iman di Bogor, Ponpes Baitul Quran di Depok dan Ponpes UNIDA Gontor, Jawa Timur.

Selain itu selama kunjungan di Indonesia, Mr. Maidoki juga sempat menyampaikan keinginan Sultan Sokoto untuk mengadakan pertemuan dengan pengusaha Indonesia yang bergerak di bidang pertanian, cotton, textile, manifacture dan ICT.

Sumber Kemenlu/KBRI Abuja

2 tanggapan untuk “Nigeria Ingin Meningkatkan Kerja Sama dengan Indonesia khususnya bidang Pendidikan

  • 20 Februari 2020 pada 17 h 49 min
    Permalink

    kok untuk berita ini gak ada sumbernya sih dari mana.

    Balas
  • 20 Februari 2020 pada 21 h 57 min
    Permalink

    Terima kasih atas pertanyaan anda. Sumber berita yang kami dari Kemenlu dan KBRI Abuja.

    Balas

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *