KBRI London Dorong Bahasa Indonesia Jadi Bahasa Internasional

Dari hasil wawancara diketahui adanya minat kelas BIPA untuk anak-anak dan remaja sangat tinggi. Selain itu peserta wawancara juga menekankan pentingnya silabus kursus yang menekankan pada kemampuan berbicara. Hal ini dikarenakan mereka mempunyai akses untuk mempelajari ketrampilan lainnya seperti membaca dan menyimak dengan menggunakan materi yang ada di situs web. Namun, mereka tidak memiliki banyak kesempatan untuk berlatih berbicara.

“Memandang tingginya animo masyarakat terhadap pembelajaran BIPA, KBRI London bekerjasama dengan SOAS Language Centre memberikan kursus BIPA tdak berbayar kepada responden survei terpilih,” demikian disampaikan Hartyo Harkomoyo.

Selain itu, KBRI London juga memulai kelas daring bahasa Indonesia melalui akun YouTube KBRI London. Video singkat berdurasi sekitar delapan menit diunggah setiap hari Sabtu pukul 13:00. Pemelajar dapat mengakses video ini kapan saja dan di mana saja. Namun, jika ingin berinteraksi dengan tutor, pemelajar dapat menuliskan pertanyaan di kolom komentar setiap hari Sabtu antara pukul 13:00 hingga pukul 14:00. Tutor akan siap untuk menjawab pertanyaan pemelajar pada waktu yang telah ditentukan.

Kelas daring ini sudah dimulai dari tanggal 3 Oktober 2020 lalu. Empat video untuk kelas pemula sudah diunggah.

Selanjutnya di bulan November 2020, KBRI London akan mengunggah materi video untuk kelas madya. Untuk kelas mahir, video akan diunggah pada akhir bulan November hingga Desember 2020.

Untuk mengikuti kelas daring ini, pemelajar bisa merujuk kepada laman YouTube KBRI London di: https://www.youtube.com/channel/UCz4pL68DU9S44PcvjlC6Lug/videos. Semua usaha-usaha ini adalah bentuk nyata dari kesungguhan KBRI London dalam mendukung upaya pemerintah menjadikan bahasa Indonesia menjadi bahasa internasional. ​

Hasil wawancara juga menunjukkan minat yang tinggi terhadap pembelajaran BIPA. Salah seorang peserta wawancara berkata “Bahasa Indonesia adalah bahasa yang sangat menarik. Secara prinsip, bahasa Indonesia adalah bahasa yang mudah untuk dipelajari. Oleh karena itu, saya pikir jika ada lebih banyak promosi tentang kursus bahasa Indonesia yang tersedia, orang-orang akan tertarik untuk mempelajarinya”. Peserta wawancara yang lain berkata “Indonesia sekarang sudah dilirik oleh negara-negara lain. Sekarang lebih banyak orang yang tahu tentang Indonesia, saya pikir alangkah bagusnya jika jumlah kursus bahasa Indonesia diperbanyak, tidak hanya terkotak di kota London saja”.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *