Konsolidasi Koperasi Produsen Susu Dengan Mazaraat Artisan Cheese

Kementerian Koperasi dan UKM mengapresiasi konsolidasi koperasi produsen susu yang bermitra dengan produsen keju Mazaraat Artisan Cheese untuk memproduksi keju terbaik dan berkualitas tinggi.

Menurut Deputi Bidang Kewirausahaan Kementerian Koperasi dan UKM Victoria br Simanungkalit, apa yang dilakukan KUD Mitrayasa sangat tepat, tidak hanya menjual komoditas susu, namun juga menciptakan nilai tambah produk susu menjadi keju. Selain itu, KUD Mitrayasa sudah melakukan kemitraan dari hulu hingga hilir untuk mendukung satu ekosistem termasuk dalam hal pakan ternaknya.

“Kita menyaksikan panen perdana produksi keju KUD Mitrayasa, di mana KUD Mitrayasa bermitra dengan Mazaraat Cheese untuk dapat mengolah produk turunan susu, yaitu keju dengan standar dunia. Pasar dalam negeri juga masih terbuka dan permintaannya kian meningkat. Ternyata kualitasnya pun tidak kalah dengan keju impor,” katanya.

Pandemi ini berdampak kepada keberlangsungan usaha UMKM, beberapa UMKM memiliki kendala untuk memperoleh bahan baku. Namun, sebenarnya, kata dia, terdapat peluang yang dapat diambil untuk pemanfaatan bahan baku lokal dalam pengembangan produk unggulan. Hal ini telah dilakukan oleh Mazaraat Cheese yang memanfaatkan bahan baku susu yang diproduksi oleh petani/peternak lokal.

Victoria juga mendorong KUD produsen susu memanfaatkan program Bela Pengadaan untuk pengadaan pemerintah/lembaga dan Pasar Digital BUMN yang mengalokasikan belanja untuk koperasi dan UMKM. “Untuk pasar susu dan keju, KUD dapat memanfaatkan hotel dan rumah sakit yang dimiliki oleh Pemda dan BUMN,” saran Victoria.

Ketua KUD Mitrayasa pun mengaku senang dapat bermitra dengan Mazaraat Cheese. “Di sini, Mazaraat tidak hanya bertindak sebagai offtaker menyerap produk susu peternak, namun juga sebagai konsultan dan pendamping untuk menghasilkan keju dengan kualitas global,” kata Fariz Amroeni, Ketua KUD Mitrayasa yang tergolong pemuda milenial.

Jamie Najmi, pemilik Mazaraat Artisan Cheese? mengatakan, tertarik kerja sama dengan KUD Mitrayasa karena sama-sama memiliki visi yang sama, yakni ingin memajukan produk lokal. Di samping itu juga karena didukung dengan peralatan lengkap dan kualitas susu yang baik. “Juga karena mereka punya pengetahuan yang mempuni secara internasional makanya kami membantu, memproduksi, dan menghasilkan produk yang diharapkan bersama,” ujar Jamie.

Pabrik Mazaraat Artisan Chese berlokasi di Cangkringan, Sleman, DI Yogyakarta. Saat ini Mazaraat Artisan Cheese memiliki sekitar 7-10 produk. Dengan varian favorit seperti Athan (camembert du Merapi), Khayya (crottin blue goat cheese), Ibra (blue cheese), Halloumi (hard cheese), dan Ghee (clarified butter). Distribusi Mazaraat Artisan Cheese sebagian besar ke Bali, terutama hotel-hotel bintang 4 ke atas. Begitu juga di Yogyakarta dan Jakarta keju ini hadir di beberapa hotel bintang 5 dan supermarket.

Satu tanggapan untuk “Konsolidasi Koperasi Produsen Susu Dengan Mazaraat Artisan Cheese

  • 29 April 2021 pada 13 h 30 min
    Permalink

    Saya tahu tempatnya, harusnya dibikin lebih profesional lagi supaya bisa seperti di LN kita bisa datang melihat pembuatan dll.

    Balas

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *