Warkons Bagi Masyarakat Indonesia di Saarbrücken, Jerman

Masyarakat Indonesia mengapresiasi warung konsuler (Warkons) yang untuk pertama kalinya diadakan di Saarbrücken, negara bagian Saarland.

Konsulat Jenderal Republik Indonesia (KJRI) di Frankfurt menggelar Warung Konsuler (Warkons) di Kota Saarbrücken, Saarland pada tanggal 26 September 2020.

Para pelajar dan masyarakat Indonesia di Saarbrücken dan sekitarnya yang menghadiri Warung Konsuler mengapresiasi upaya KJRI Frankfurt menjangkau layanan publik dan perlindungan WNI sampai ke Saarbrücken. WNI pemohon pembuatan paspor, Heru Eka Chandra menyatakan bahwa “kami sangat senang dengan diselenggarakannya Warung Konsuler ini karena kami tidak perlu datang ke Frankfurt“. Lebih lanjut mereka mengapresiasi Warkons yang untuk pertama kalinya diadakan di Saarbrücken, negara bagian Saarland.

Mempertimbangkan situasi pandemi Covid-19, Warkons diselenggarakan secara terbatas dengan pengaturan janji temu (termin) dan menerapkan protokol kesehatan yang telah ditetapkan oleh Pemerintah Jerman. Kegiatan Warkons berlangsung dengan tertib dan lancar dan mendapat sambutan yang sangat baik dari masyarakat Indonesia di kota Saarbrücken dan sekitarnya. Warung Konsuler dinilai telah membantu meringankan beban finansial, jarak dan waktu, khususnya bagi para mahasiswa Indonesia dan lansia.

Dalam kesempatan kegiatan Warkons tersebut, KJRI Frankfurt juga memberikan bantuan paket sehat dalam rangka pencegahan virus Covid-19 berupa masker, hand sanitizer, dan vitamin kepada perwakilan masyarakat dan PPI Saarbrücken yang diserahkan langsung oleh Konsul Jenderal RI Frankfurt.

Di negara bagian Saarland terdapat 230 orang WNI, paling sedikit dibandingkan 5 (lima) negara bagian lainnya di wilayah kerja KJRI Frankfurt. KJRI berkomitmen memberikan perhatian dan pelayanan terbaik kepada masyarakat Indonesia di seluruh wilayah kerja. Warkons melayani perekaman biometrik data WNI untuk pembuatan paspor baru, amandemen nama dan alamat, lapor diri, surat keterangan, legalisasi, visa, dan melayani konsultasi kekonsuleran.

Konsul Jenderal RI, Acep Somantri, menegaskan bahwa ”KJRI Frankfurt akan terus meningkatkan pelayanan publik dan perlindungan WNI ke seluruh wilayah kerja KJRI Frankfurt”. Lebih lanjut ditegaskan bahwa KJRI Frankfurt akan terus mengupayakan negara hadir memberikan pelayanan dan perlindungan dimanapun WNI berada.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *