Kuliner Indonesia Dipromosikan di TV CUISINE DU MONDE

“Kemampuan memenangkan hati dan pikiran publik internasional dengan memakai budaya di antaranya dengan kuliner atau yang dikenal sebagai gastrodiplomasi.” 
 
Bangsa mana yang tak bangga saat sajian khasnya dikenal di seluruh penjuru dunia? Perancis misalnya telah menjadikan gastronomi sebagai fondasi dalam berdiplomasi dan bahkan membuat suatu komite special untuk gastronomi dan menunjuk Ambassador khusus dengan tujuan mempromosikan gastronomi Perancis ke seluruh dunia.

Demikian pula untuk Indonesia tidak boleh kalah, yang merupakan negara dengan ragam budaya yang sangat kaya. Mulai adat istiadat, bahasa daerah, makanan, hingga minuman. Makanan Indonesia terkenal dengan aneka olahan rempah-rempah dan beberapa sudah terkenal di dunia akan kelezatan rasanya. Maka tak mengherankan jika saat ini pemerintah dan masyarakat Indonesia sangat gencar mempromosikan kuliner Nusantara ke mancanegara.   
Salah satu strategi dalam mempromosikan Indonesia oleh VITO di Perancis sejak awal adalah dengan memperkenalkan Indonesia melalui kuliner.

Begitu banyak promosi dan kegiatan yang sudah dilakukan baik itu dengan mengadakan festival gastronomi Indonesia di hotel bintang 5 di Paris, partisipasi di pameran/expo gastronomi international, sales missión yang selalu menampilkan dan memperkenalkan makanan-makanan Indonesia dan bahkan membawa TV Perancis ke Indonesia untuk shooting tentang pasar-pasar tradisional di Indonesia. Dan setiap kegiatan membawa hasil yang konkrit yaitu meningkatkan wisman perancis ke Indonesia.

Dalam masa pandemic ini, kegiatan promosi Indonesia di luar negeri harus berjalan terus karena sangat penting untuk membuat orang tidak lupa dengan Indonesia dan bahkan ingin berkunjung ke Indonesia. Oleh karena itu VITO Perancis melakukan marketing Project dengan inovasi dan kreativasi lewat promosi kuliner Indonesia bersama dengan TV Cuisines du Monde di Perancis. Bulan February yang lalu, VITO melakukan shooting demo masakan Indonesia bersama dengan Master Chef Perancis Cyril Rouquet-Prévost untuk mempromosikan Indonesia dan gastronominya dengan menampilkan Nasi Goreng Bersama dengan chef Budi Priyatno dari Restaurant INDONESIA di Paris. Selain itu juga memperkenalkan Jamu Indonesia yang diproduksi oleh ACARAKI.  

Acara demo masak ini akan ditayangkan lewat TV Internet pada tanggal 6 Mai jam 19.30 waktu Prancis. Berikut linknya:

https://www.pinterest.fr/pin/430023464429041783/?fbclid=IwAR2qPwoiNxRzHpsxpo5A2IhdAS7lz8otw82EKYt102Esm1V62kbm2edM9h8 

Bekerja sama dengan restaurant Indonesia yang sudah ada di Perancis dan menampilkan chef-chef Indonesia di Perancis adalah cara yang paling efisien saat ini untuk mempromosikan kuliner Indonesia. Karena ini juga akan membantu meningkatkan bisnis usaha diaspora Indonesia di luar negeri. Apalagi dengan adanya pandemik, akan sangat sulit mendatangkan chef-chef dari Indonesia. Ini tantangan untuk diaspora-diaspora Indonesia di luar negeri untuk lebih berinovasi dan berkarya di bidangnya masing-masing.

Kedepannya, VITO Perancis akan mempersiapkan event-event promosi dengan terobosan-terobosan yang unik. Karena masih banyak lagi yang bisa dipromosikan dari Indonesia dengan membantu mempromosikan produk-produk Indonesia supaya nama Indonesia terdengar selalu di Perancis.

Satu tanggapan untuk “Kuliner Indonesia Dipromosikan di TV CUISINE DU MONDE

  • 8 Mei 2021 pada 5 h 54 min
    Permalink

    Restaurant Indonesia di Prancis ada banyak kah? Soalnya waktu saya ke Prancis yang cuma lihat restoran Thai, Cina, vietnam.

    Balas

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *