Penampilan Musik Gamelan Mendapat Standing Applause pada Pembukaan Festival dan Pekan Film Indonesia di Kota Aurons

Hari pertama pembukaan Festival dan Pekan Film Indonesia di Aurons pada 19 Juni 2021 dimeriahkan dengan penampilan musik tradisional gamelan oleh grup Gamelan Bintang Tiga.

Grup musik asal Marseille tersebut berhasil menarik antusiasme masyarakat Aurons maupun kota-kota sekitar untuk hadir menyaksikan pembukaan festival yang akan berlangsung seminggu kedepan.

Acara pembukaan dimulai dengan sambutan Wali Kota Aurons, Andre Bertero, sebagai tuan rumah acara, dilanjutkan dengan sambutan Konjen RI Marseille, Arief M. Basalamah. Dalam sambutannya, Konjen RI menyampaikan apresiasi atas inisiatif dan kerja sama dari Pemerintah Kota Aurons, serta salah satu diaspora Indonesia, Cira Bhang, sebagai salah satu koordinator kegiatan bersama Liliane Heuze.

Acara dilanjutkan dengan penampilan grup Gamelan Bintang Tiga. Selain tampil membawakan aransemen musik gamelan, kelompok itu juga tampil mengiringi tarian Pendet yang dibawakan oleh anak-anak Diaspora Indonesia di Prancis selatan.

Penampilan tari topeng oleh Gung Krisna, seniman Bali yang bermukim di Den Haag, membuat penonton yang hadir terpukau. Gung Krisna bisa membuat anak-anak yang hadir mau berinteraksi dan mencoba ikut menari. Perpaduan permainan musik tradisional yang unik serta wajah lucu dari penari-penari belia berhasil menghipnotis masyarakat yang hadir. Setidaknya 350 orang yang hadir memberikan standing applause dipenghujung penampilan.

Pelonggaran pembatasan sosial oleh pemerintah Prancis menyusul penurunan angka kasus positif harian Covid-19 memungkinkan dilaksanakannya kegiatan sosial budaya yang menghadirkan penonton dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan.

Dengan dibukanya secara resmi Festival dan Pekan Film Indonesia, masyarakat bisa mulai menikmati pameran barang-barang seni dan budaya milik KJRI Marseille di sale de marriage Balai Kota Aurons dari 19 – 26 Juni 2021.

Publik juga bisa mendapatkan berbagai produk kerajinan, bumbu masakan khas Indonesia hingga kopi, teh dan jamu Indonesia di bazar produk Indonesia dari 19 – 20 Juni 2021. Para UKM Indonesia yang ikut hadir adalah Toko Bu Yati, La Maison de L’Indonésie dan Escale à Java.

Dalam acara Festival Indonesia ini juga diadakan demo memasak pada 20 Juni 2021, serta Pekan Film Indonesia yang menampilkan video cerita dongeng anak-anak dari Indonesia yqng disulih suara Bahasa Prancis dari 21 – 25 Juni 2021 di Mediateque Aurons. Keseluruhan acara bersifat gratis.

Satu tanggapan untuk “Penampilan Musik Gamelan Mendapat Standing Applause pada Pembukaan Festival dan Pekan Film Indonesia di Kota Aurons

  • 22 Juni 2021 pada 23 h 34 min
    Permalink

    Pemain gamelan orang Bule hampir semuanya ya. Hebat mereka kalau sudah menekuni sesuatu.

    Balas

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *