Indonesia Akselerasi Vaksin Untuk Anak-Anak Guna Mendukung Program Pembelajaran Tatap Muka

Vaksinasi yang menjadi salah satu upaya menguatkan imunitas masyarakat terus diakselerasi Pemerintah Indonesia, Sebagai salah satu upaya mendorong percepatan vaksinasi tersebut, Pemerintah juga telah memperluas vaksinasi bagi kelompok anak-anak usia 6 sampai 11 tahun.

Hingga tanggal 30 Desember 2021 pukul 18.00 WIB, tercatat telah dilakukan vaksinasi dosis 1 kepada 160,28 juta penduduk atau sebesar 76,96% dari target vaksinasi, vaksinasi dosis 2 kepada 113,27 juta penduduk atau sebesar 54,39% dari target vaksinasi, dan vaksinasi dosis 3 telah diberikan kepada 1,29 juta penduduk atau sebesar 87,75% dari target vaksinasi.

Kelompok anak-anak berusia antara 6 hingga 11 tahun termasuk kelompok yang rentan terhadap serangan Covid-19, dimana sekitar 10 sampai 12 persen populasi yang pernah terkena Covid-19 berada di rentang usia ini. Di sisi lain, Indonesia dan seluruh negara di dunia saat ini juga tengah mewaspadai munculnya Covid-19 varian Omicron.

Vaksinasi untuk seluruh masyarakat menjadi langkah penting yang terus didorong dan diakselerasi oleh Pemerintah. Mempercepat dan memperluas cakupan vaksinasi termasuk kepada anak-anak juga diharapkan akan mendorong tercapainya herd immunity.

Upaya percepatan dan perluasan vaksinasi bagi anak 6-11 tahun membutuhkan kolaborasi semua pihak, baik dari Pemerintah Pusat, daerah, sekolah, tenaga kesehatan, media, dan tentunya orang tua.

“Saya mohon juga kepada orang tua untuk terus mengajarkan kepada anaknya tentang protokol kesehatan, seperti membiasakan anak untuk mencuci tangan, menjaga jarak, dan memakai masker saat di luar rumah,” ujar Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto saat meninjau kegiatan vaksinasi anak di SDN 05 Kemanggisan, Jakarta Barat, Jumat (31/12).

Akselerasi vaksinasi ini juga diharapkan dapat mendukung pelaksanaan pembelajaran tatap muka dalam memenuhi hak anak-anak untuk mendapatkan pendidikan yang lebih berkualitas demi masa depannya.

Satu tanggapan untuk “Indonesia Akselerasi Vaksin Untuk Anak-Anak Guna Mendukung Program Pembelajaran Tatap Muka

  • 10 Januari 2022 pada 15 h 18 min
    Permalink

    Ini apakah wajib atau gimana ya?

    Balas

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *